Desain Bangunan Tua Jaman Belanda

Desain Bangunan Tua Jaman Belanda - Bandung sebagai kota kolonial, menempati urutan penting dalam sejarah kota-kota di Nusantara. Bandung merupakan kota terakhir yang membuat Belanda  harus menyerahkan seluruh Hindia Belanda (nama lain dari Nusantara) kepada Jepang.

Salah satu peran penting dari kota ini masih bisa di saksikan dengan menyusuri bangunan-bangunan tua. Sebagian besar bangunan-bangunan hasil rancangannya masih bisa kita saksikan. Bangunan-bangunan yang kaya dengan gaya arsitektur itu, sebagian di antaranya masih utuh walaupun sebelumnya mengalami peralihan fungsi sejalan dengan situasi pergantian kekuasaan di Nusantara. Yakni dari semula di tangan Belanda kemudian jatuh ke Jepang. Setelah proklamasi, para pejuang merebut dan menduduki gedung-gedung tersebut dari tangan Jepang.

Berikut Bangunan Tua Jaman Belanda di Bandung yang saat ini masih dijaga dan masih utuh.
Museum Pos Indonesia Bandung
Tempatnya yang berada di bawah tanah serta patung-patungnya yang seperti menatap kearah kita membuat suasana angker semakin terasa. Lebih tepatnya ada di Belakang Gedung sate bandung, wah kalo tempat ini sih jangankan pada malam hari di siang hari pun jika anda memasuki museum ini bulu kuduk anda akan spontan merinding.

Institut Teknologi Bandung sudah ada sejak jaman koloni Belanda.

ITB didirikan pada 3 Juli 1920 dengan nama "Technische Hooge School (THS)" te Bandoeng dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw. ITB juga merupakan tempat di mana presiden Indonesia pertama, Soekarno meraih gelar insinyurnya dalam bidang Teknik Sipil.

Pada masa penjajahan Jepang, THS diubah namanya menjadi "Bandung Kogyo Daigaku (BKD)". Kemudian pada masa kemerdekaan Indonesia, tahun 1945, namanya diubah menjadi "Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung". Pada tahun 1946, STT Bandung dipindahkan ke Yogyakarta dan menjadi cikal bakal lahirnya Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

SMAN 5 Bandung

SMAN 5 Bandung adalah salah satu SMA Favorit di Bandung, beralamat di Jalan Belitung No.8struktur bangunannya yang asli buatan Holland memberi daya tarik tersendiri. Katanya ada tiga jendela yg selalu terbuka, trus klo muterin SMA 5 selama 3 kali bakal liat noni belanda yg muncul di jendela itu. Kabarnya, noni tersebut bernama Nancy dan melakukan bunuh diri di sekolah tersebut. Taman IR.H. Juanda (Pakar Dago)

Di daerah dago pakar ini terdapat 2 buah gua yaitu gua jepang, dan gua belanda, katanya sih ada mitos yang mengatakan bahwa di daerah ini dilarang menyebutkan kata “ LADA” , lada berasal dari bahasa sunda yang berarti Pedas, (ya itucuma mitos boleh percaya atau tidak, ) Menurut warga sekitar di kawasan gua ini sering terlihat penampakan Hantu para prajurit jaman belanda dan jaman jepang, karena memang dulunya tempat ini di jadikan tempat pembantaian para penjajah oleh pejuang kemerdekaan, ada juga yang menyebutkan di gua jepang sering terlihat hantu berwujudkan Ular besar dan orang tua. Selanjutnya baca Tangga Minimalis