Desain Kamar Mandi Kecil dan Sederhana

Desain Kamar Mandi Kecil dan Sederhana - Keceriaan dan kesegaran dapat membangkitkan semangat dan energi, hal itu di dapat dari warna hijau limau. Kamar mandi ini memiliki ukuran 1,6 m x 2,1 m, dengan zona pembagian area basah dan area kering. Area kering dengan kloset, ambalan, dan cermin, sedangkan area basah dengan shower untuk mandi dengan pembatas dinding setinggi 70 cm, dengan penutup keramik, di bagian atasnya ditambah kaca untuk menghindari semburan air. Pembagian dua area yang berbeda ini juga dibedakan dari material pada dindingnya, tetapi sama pada material lantainya dengan hanya adanya perbedaan ketinggian lantai.

Di area kering dibuat ambalan dengan lebar 20 cm, dari bahan multipleks yang dicat duko yang berfungsi untuk meletakkan peralatan dan bunga dalam vas yang dapat membantu menyegarkan kamar mandi. Untuk area basah dinding ditutupi dengan keramik mozaik hijau limau setinggi 175 cm dengan dua lis hitam di sisi bawah dan atas, ini yang menjadi ciri khas kamar mandi ini. Sementara pada area kering, dinding ditutupi dengan keramik putih dan sebagian kecil mozaik hijau limau, yang dekat ambalan terdapat coakan dinding 35 cm x 40 cm yang dilapisi dengan keramik mozaik warna hijau limau dan diberi lampu downUght di atasnya sehingga menghasilkan efek cahaya yang indah.

Bentuk denah kamar mandi yang tidak biasa karena dibangun dari ruang sisa pada denah sebuah rumah. Kamar mandi ini lebih tepatnya merupakan powder room, yaitu toilet untuktamu yang hanya menyediakan kloset dan wastafel. Denah kamar mandi sederhana ini mungil berbentuk trapesium. Salah satu dindingnya tidak saling tegak lurus. Untuk itu, pada bagian dinding tersebut dimanfaatkan sebagai wastafel dan cermin. Agar kamar mandi mungil ini terlihat menarik maka digunakan material dengan warna yang cerah sehingga berkesan luas dan terang. Kamar mandi ini menggunakan dua macam keramik. Keramik bermotif daun berwarna emas ukuran 10 m x 10 m yang dipasang untuk mempercantik tampilan kamar mandi. Sementara keramik lain yang digunakan berukuran 25 cm x 40 cm. Perbedaan warna keramik pada kamar mandi ini secara estetika bertujuan agar kamar mandi tetap menampiikan suasana yang semarak walaupun berukuran kecil.

Keartistikan desain kamar mandi mungil ini terlihat dari segi permainan keramik dinding. Keramik-keramik yang dipasang pada kamar mandi sebaiknya dipilih dengan baik. Agarterkesan lebih luas maka digunakan keramik warna putih cerah dan cokelat sebagai aksen, Ukuran keramik yang digunakan adaiah 25 cm x 40 cm. Pada beberapa bagian ditempatkan keramik yang didesain geometris sehingga terlihat lebih trendi. Rak gantung terbuka serta rak gantung yang menyerupai dahan pohon aapat digunakan untuk meletakkan lilin hias dan peralatan mandi, sepertr-sampo, sabun cair, dan sebagainya.

Salah satu cara mewujudkan kenyamanan dalam kamar mandi adalah dengan pilihan warna yang tepat. Aplikasinya antara lain pada pemilihan keramik lantai dan dinding ruangan. Kamar mandi ini menggunakan keramik dengan warna monokromatis. Warna cokelat dibuat bergradasi terang ke gelap dan bertemu pada dua bidang dinding. Pertemuan dua warna monokromatis itu dipisahkan oleh keramik dekor.

Penggunaan keramik polos tampak mendominasi ruang. Mulai dari lantai hingga dinding yang hampir menyentuh langit-langit, penuh tertutup keramik. Sentuhan dekorasi hanya diberikan sedikit, yaitu pada keramik dinding di area focal point.

Kesederhanaan corak dan warna yang digunakan mampu memunculkan kesan klasik. Adapun pilihan warna yang digunakan adalah warna cokelat yang anggun yang dipadu dengan dekorasi bermotif floral. Warna cokelat memberikan suasana tenang dan membuat perasaan menjadi lebih rileks.

Inspirasi desain kali ini dapat menjadi salah satu bukti bahwa kamar mandi pun tak kalah menantangnya untuk ditata secara apik. Desain yang cantik dan menawan dapat membuat aktivitas di dalam ruangan lebih nyaman. Keempat bidang dinding diolah secara berbeda, tetapi tetap harmonis dalam konsep modern.

Hal yang menjadi daya tarik desain ini adalah aplikasi mozaik di sekeliling ruang dan lantai area shower. Walaupun polanya tidak simetris, aplikasi mozaik tetap tampil cantik mengelilingi ruang. Pilihan warna-warni kepingan mozaikyang cenderung berwarna kuning dan cokelat keemasan serasi dengan keramik dekor jingga yang mengilap.

Keramik dekor berwarna jingga yang dipasang di dinding digunakan untuk membingkai tiang pancuran. Keramik dekor yang berukuran kecil ini sebagai jembatan antara ubin keramik besar dengan ubin mozaik. Terdapat pula glass blocks pada dua dinding yang berseberangan sebagai tambahan pencahayaan alam. Penggunaan material tersebut tetap memberi privasi bagi pengguna di dalamnya.

Keperluan untuk mandi ditempatkan di rak built-in di salah satu sudut ruang. Kehadiran tanaman hias memberi kesejukan dan kesegaran yang didambakan dalam kamar mandi.

Kamar mandi dengan tema anak-anak kali ini tampil lebih feminin, segar, dan berjiwa muda. Motif bunga yang feminin, tetapi tetap sesuai dengan jiwa muda, tampil menghias dinding kamar mandi yang mungil ini. Sangat pas untuk kamar mandi sang putri kecil.

Warna yang ditampilkan adalah warna putih, cokelat, dan hijau. Warna-warna tersebut menyiratkan ketenangan. Adapun warna hijau digunakan sebagai aksen pada desain keramik kamar mandi sekaligus ditampilkan pula pada elemen interior lainnya untuk memberi kesegaran dalam ruang. Sentuhan hijau dapat ditambahkan pada cat dinding kloset, rak dinding, serta perangkat mandi seperti kotak sabun, handuk, dan sebagainya.

Jika diperhatikan, komposisi keramik yang diaplikasikan sudah lengkap, terdapat keramik dinding polos, keramik dekor, lis, serta keramik lantai, Walaupun demikian, tak ada salahnya mengombinasikan komposisi keramik yang telah lengkap tersebut dengan ubin keramik mozaik. Pilih aplikasi mozaik dengan warna senada. Tampilkan pada sudut ruang sebagai aksen. Dijamin, tampilan kamar mandi semakin menarik dan atraktif.

Kelengkapan interior kamar mandi mungil ini cukup maksimal. Sudut ruang yang tersisa dimanfaatkan dengan memasang rak di dinding sebagai wadah penyimpanan perlengkapan mandi maupun aksesori pemanis kamar mandi.